Barang Seserahan

Upacara pernikahan mengenal beberapa rangkaian acara yang harus disiapkan. Salah satunya seserahan dari pengantin pria untuk pengantin putri. Seserahan memiliki makna bertanggung jawab penuhnya mempelai laki-laki untuk memberikan nafkah lahir kepada sang istri. Pihak keluarga laki-laki akan memberikan seserahan pada malam hari menjelang akad nikah atau pada pagi hari sebelum acara akad nikah.




Jenis dan jumlah seserahan yang akan diberikan, biasanya telah disepakati bersama anatara keluarga kedua calon pengantin. Kemudian dibungkus dan dihias sedemikian rupa oleh ahli pembuat seserahan pengantin. Aneka bentuk lucu nan unik akan tampilkan, misal mukena & sajadah berbentuk masjid, bra berbentuk ikan, kain atau selendang batik yang berwujud bebek / soang dan lain sebagainya.
Berikut ini beberapa barang seserahan pernikahan yang biasanya dipersiapkan pengantin pria untuk diberikan kepada sang pengantin wanita :
  1. Seperangkat Alat sholat
    Seserahan yang wajib bagi calon pengantin muslim, sebagai simbol pernikahan yang harus senantiasa berpegang teguh pada nilai-nilai agama dengan tiang agama adalah sholat.
  2. Cincin nikah
    Cincin nikah dipersiapkan satu set. Satu untuk pengantin pria, dan satunya lagi untuk pengantin wanita. Cincin pengantin pria tidak berupa emas,a diganti dari yang berbahan monel atau kuningan, sedangkan calon pengantin muslimah diperbolehkan menggunakan cincin yang terbuat dari emas. Nilai dari cincin yang akan dikenakan sang mempelai wanita, tergantung kesepakatan kedua belah pihak. Yang terpenting tidak memberatkan. Cincin sebagai simbol pengikat hubungan kedua pasangan agar dapat terus bersama sampai akhir hayat.
  3. Perhiasan
    Apabila sang pria memiliki kemamampuan lebih biasanya mempelai pria akan memberikan perhiasan berupa liontin, gelang dan kalung emas disamping cincin nikah.
  4. Seperangkat busana wanita
    Pada seserahan diberikan pakaian seperti selendang atau kain batik adalah hal penting karena mengandung maksud bahwa, baik pengantin pria maupun pengantin wanita harus pintar menyimpan rahasia rumah tangga.
  5. Buah-buahan
    Pisang, anggur, jeruk, dan apel biasanya merupakan jenis buah-buahan yang diberikan dalam seserahan. Harapannya akan memberikan kesegaran dalam membina kemesraan dan cinta sepasang calon pengantin.
  6. Peralatan Rias atau Makeup
    Dimaksudkan untuk menjaga penampilan calon istri agar selalu tampil cantik dan prima dalam kehidupan berumah tangga.
  7. Sepatu, sandal, selop
    Hal ini memiliki makna agar kedua mempelai siap menjalani kehidupannya bersama dalam menapaki mahligai rumah tangga dengan mantap dan selalu berada di jalan yang lurus.

0 Response to "Barang Seserahan"

Post a Comment

wdcfawqafwef